Rabu, 17 April 2013

manfaat olahraga



Manfaat olahraga untuk kecantikan kulit :

  1. Berkeringat memersihkan pori-pori
    Dengan berolahraga, tubuh Anda akan menghasilkan banyak keringat. Keringat ini dapat membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori yang memicu timbulnya jerawat. Jadi, lakukan olahraga lebih untuk membersihkan pori-pori secara alami. Namun, pastikan Anda membersihkan keringat setelah berolahraga.

  2. Pengetatan kulit
    Olahraga dapat mengencangkan otot dan kulit. Dengan mengecangkan otot tangan dan kaki, penampilan Anda akan terlihat lebih menarik.

  3. Mencegah keriput
    Olahraga akan memicu produksi hormon endorfin. Hormon ini bisa membuat Anda merasa bahagia, sehingga mencegah stres. Stres yang berlebihan dan berkepanjangan dapat memicu keriput lebih cepat dan menyebabkan jerawat, yang dapat merusak kecantikan kulit.

  4. Melembabkan
    Olahraga akan membuat Anda merasa haus. Ketika minum, tidak hanya dahaga yang teratasi, tapi juga dapat membuat kulit menjadi lembab.

Manfaat olahraga untuk kecantikan otak :

      36.   Mengesankan Manfaat tersembunyi Olah raga dan daya ingat
            Penelitian usia tua dan daya ingat menunjukan bahwa olahraga berpengaruh terhadap daya ingat yang baik. Dalam sebuah penelitian yang dibuat di amerika perbandingan antara usia 70-an yang mengikuti aktivitas fisik yang teratur dengan orang yang sama sehatnya pada usia yang sama, namun menjalani gaya hidup yang jarang olahraga.pria dan wanita yang memiliki program olahraga terbukti memiliki keterampilan berfikir dan daya ingat yang lebih baik. Sebenarnya sistem peredaran darah manusia sangat diuntungkan dengan banyak melakukan olahraga minimal satu minggu sekali, olahraga akan meningkatkan kadar kolestrol baik dan membentuk pembuluh darah yang lebih kecil untuk mengurangi lemak dalam pembuluh darah arteri. Olah raga meningkatkan efisiensi jantung dalam memompa zat gizi dan oksigen menuju sel saraf selain itu olah raga juga memperluas kapasitas pernapasan dan memperkuat otot yang mengendalikan ekspansi (pengembangan) dan konstraksi paru – paru hal ini berdampak pada suplai oksigen yang diutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sel.
Pada fungsi yang lain olahraga juga menurunkan darah, masalah daya ingat sering menyertai penderita darah tinggi dan tekanan darah tinggi pada usia paruh baya akan menghasilkan daya ingat dan keterampilan berfikir yang rendah dalam waktu 20 tahun kemudian. Untuk orang yang secara fisik aktif mempunyai artireri yang lebih elastic dibandingkan dengan mereka yang mempunyai gaya hidup yang kurang melakukan gerakan fisik, dan penurunan elastisitas berhubungan langsung dengan tekanan darah tinggi. Penurunan elastisitas memeras aliran darah dan mempercepat pembentukan lemak dan substansi lain didalam arteri.saat jalur arteri menjadi kaku dan kehilangan fleksibilitasnya, darah yang mengalir melaluinya semakin mengalami kesulitan. Dengan tekanan darah tinggi yang kronis jantung bekerja terus menerus melawan peningkatan tekanan dari arteri, selain itu olahraga juga meningkatkan kecepatan metabolisme pembakaran kalori. Kecepatan yang meningkat yang dapat berlangsung selama enam jam setelah periode latihan, membantu melepaskan berat yang berlebihan didalam tubuh. Karena kegemukan membuat orang cenderung mengalami tekanan darah tinggi, menjaga berat badan dalam batas normal melalui diet yang sehat dan olahraga yang teratur adalah elemen penting dalam program daya ingat.
Olahraga tidak perlu berat dan mahal seperti bermain golf atau tenis, aktivitas olahraga seperti berjalan kaki, bersepeda dan berenang yang cukup mudah dan murah dapat meningkatkan detak jantung dan pernafasan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolestrol baik dan mengatur berat badan. Sebuah program yang didukung oleh ahli kesehatan anda mencakup rencana olah raga dan diet rendah garam, lemak, dan gula adalah pendekatan yang bagus sekali untuk mengatasi masalah yang sangat umum yaitu kelebihan berat badan.



  1. Olahraga dan penurunan sel saraf
               
            Manfaat tambahan dari olahraga adalah meningkatkan factor pertumbuhan neuron. Factor – factor ini merupakan biokima yang dapat melakukan fungsi sebagai berikut :

• Mendorong pertumbuhan baru dalam sel saraf
• Melindungi saraf dari kerusakan akibat oksidasi
• Membantu pemeliharan system saraf anda untuk jangka panjang

Dilain pihak pertumbuhan neuron juga dipengaruhi oleh jumlah aktivitas dalam sinaps , jarak antara sel jembatan untuk menyebrangi jarak ini memungkinkan informasi masuk ke sel lain dalam jaringan komunikasi.ketika anda berolahraga stimulus dari neuron satu ke neuron yang lain dapat meningkatkan produksi factor pertumbuhan yang kemudian bereaksi denga neuron ini karena olahraga atau latihan fisik ini dapat meningkatkan daya ingat anda. Selamat mencoba untuk berolahraga

    38. Olahraga mengurangi stres
            Setiap manusia normal pernah mengalami stres atau ketegangan. Apakah stres tersebut disebabkan karena masalah ekonomi seperti inflasi atau devaluasi, masalah pergaulan atau retaknya hubungan suami istri, urusan kantor yang tidak pernah selesai, ujian akhir yang akan dihadapi, keputusan salah yang telah diambil atau mungkin keragu-raguan untuk mengambil keputusan.

Semua manusia pernah mengalami stres; dan Anda harus tahu bagaimana mengatasinya! Banyak oarang menderita penyakit, putus asa, bahkan mati mendadak disebabkan stres!
Bagaimana caranya Anda dapat mengindari stres? Ternyata olaraga dapat menolong Anda untuk mengatasi stres. Bagaimana? Untuk itu kita perlu melihat bagaimana kerja otot yang kita miliki. Berolahraga dapat membantu kita mengurangi kegelisahan hati dan bahkan dapat melawan kemarahan.
Alasannya, kalau jantung kita bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Aktifitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah aerobik macam berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.

39. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak
            Sudah bukan rahasia lagi kalau kegiatan fisik yang rutin dilakukan bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental kita. Hal ini dikarenakan tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak.
Para ahli sepakat kalau otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

40. Mempengaruhi hormon Endogenous opioids
            Dalam keajaiban tubuh manusia, para ilmuan baru-baru ini telah menemukan satu sistem hormon yang berfungsi sebagai morphine yang disebut endogenous opioids. Hal ini cukup menarik perhatian sebab reseptornya didapatkan di dalam hipotalamus dan sistem limbik otak, daerah yang berhubungan dengan emosi dan tingkah laku manusia.

Sistem hormon endogenous opioids, salah satunya ialah beta-endorphin, bukan hanya mengurangi perasaan nyeri dan memberikan kekuatan menghadapi kanker saja, tetapi juga menambah daya ingat, menormalkan selera, seks, tekanan darah dan ventilasi.
Saat berolahraga, kelenjar pitutiari menambah produk beta-endorphin; dan sebagai hasilnya konsentrasi beta-endorphin naik di dalam darah yang dialirkan juga ke otak, sehingga mengurangi nyeri, cemas, depresi dan perasaan letih.
41. Meningkatkan gelombang otak alfa
            Penelitian menunjukkan bahwa olahraga, ada penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang otak alfa sudah lama diketahui yang berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti pada waktu bermeditasi. Gelombang alfa ini terlihat pada seorang yang jogging untuk 20 sampai 30 menit, dan tetap dapat diukur setelah olahraga tersebut berakhir.

Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.
42. Penyalur saraf otak
            Olahraga akan dapat memperlancarkan kegiatan penyalur saraf (brain neurotransmitter) di dalam otak. Hasil penelitian dalam hal ini dapat menyampaikan bahwa olahraga dapat menaikkan tingkat norepinephrine, dopamine, dan serotonin di dalam otak, dengan demikian mengurangi depresi. Telah terbukti bahwa penyalur saraf otak seperti norepinephrine (NE) dan serotonin (5 – HT) terlibat dalam depresi dan schizophrenia.

Tubuh yang sehat hidup dalam ketenangan. Anda tidak akan merasakannya dari dalam keluar keharmonisan dan damai. Bila olahraga akan memberikan kesehatan tubuh yang baik, dan juga ketenangan pikiran serta pencapaian intelek yang lebih tinggi, mengapa kita tidak segera berolahraga dari sekarang.
43. Olahraga dapat melawan penuaan
            Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa dengan hanya berolahraga ringan seperti berjalan kaki saja dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada wanita lanjut usia. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik.

Hasil terbaik akan didapat dengan menggerakkan tubuh setiap minggu selama sembilan minggu. “Kegiatannya tidak perlu terlalu tinggi intensitasnya, cukup dengan berkeliling saja, yang penting daya pacu jantung kita dapat meningkat,” lanjut Landers. “Tapi manfaatnya daya ingat kita akan selalu tajam.”
44. Olahraga dapat meningkat perasaan bahagia
            Banyak orang yang terkena depresi atau sakit hatinya memakai obat penenang sebagai jalan keluar. Sekarang jalan menuju kebahagian secara alami dapat diraih dengan menggerakkan tubuh secara rutin. Olahraga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak kita, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati.

Sebuah survey di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktifitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan. Berolahraga selama 16 minggu secara rutin pada orang yang memiliki kadar depresi yang sedang mendapatkan efek bahagia.
Penelitian di Universitas Duke membuktikan bahwa 60% penderita depresi yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama enam bulan dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter. Namun bagi penderita depresi yang berat tentu tidak bisa begitu saja lepas dari obat-obatan. Hanya saja banyak dokter sekarang yang memasukkan kegiatan olahraga dalam resep pengobatan mereka disamping obat penenang medis.
45. Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri
            Sekarang rasa percaya diri dapat dicapai tidak hanya dengan mengandalkan keindahan fisik lagi. Sebuah studi kasus di AS membuktikan kalau para remaja yang aktif berolahraga memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan teman-teman mereka yang memiliki tubuh dan penampilan indah.

Kemantapan diri ini terletak pada hasil yang mereka dapatkan, yakni citra tubuh yang sehat dan kekuatan fisik yang prima, bukan semata giat berolahraga karena terobsesi dengan figur fisik para model di sampul majalah.

 

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh :

Manfaat berolahraga sangat baik untuk kebugaran tubuh,meningkatkan stamina, memperkuat mental dan lainnya. Untuk lebih detail berikut manfaat olahraga untuk kesehatan selengkapnya :
  • Meningkatkan kemampuan daya pikir otak kita, maksudnya adalah ketika berolahraga sirkulasi darah yang menuju ke otak senakin lancar sehingga aktifitas di otakpun semakin cepat dan kinerjanya pun semakin baik.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, seperti yang saya jelaskan diawal olahraga juga dapat meningkatkan daya tahaun tubuh terhadap penyakit hal ini karena saat berolahraga tubuh kita merangsang pembentukan hormon kekebalan tubuh.
  • Menghilangkan Stress, ketika berolahraga otot-otot tubuh kita berkontraksi sehingga secara tidak sadar menghilangkan sejenak beban pikiran dan stress secara alami. Tidak percaya,silahkan saja coba lakukan berolahraga apabila sedang stress.
  •  Membakar lemak tubuh, bagi anda yang melakukan diet olahraga merupakan alternatif untuk mempercepat proses diet anda sebab dengan berolahraga lemak dalam tubuh terbakar.
  •  Menunda proses penuaan,olahraga terbukti juga menunda proses penuaan tubuh kita seperti keriput, kulit kendor, dan tanda tanda penuaan lainnya.
  • Mneingkatkan percaya diri, bagi sebagian orang tubuh yang ideal adalah kebanggaan dan menjadi lambang kepercayaan dirinya dan untuk mendapatkan tubuh yang ideal bisa didapatkan dengan olahraga secara teratur.
  • Meningkatkan kebugaran dan stamina, sudah sangat jelas bahwa untuk menambah stamina dan kebugaran tubuh bisa diperoleh dengan olahraga.
  •  Memperkuat mental, orang yang sering berolahraga keadaan mentalnya lebih kuat apabila dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga
Mas gimana kalo saya terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak ada waktuk untuk berolahraga?memang salah satu kesulitan orang tidak suka berolahraga bisa karena tidak adanya waktu luang untuk melakukannya padahal olahraga sendiri tidak memerlukan waktu yang lama cukup sekitar 15-20 menit saja setiap harinya walaupun itu hanya jogging atau jalan-jalan santai.Sekarang tinggal anda pilih kesehatan anda atau pekerjaan anda? oleh karenanya sempatkanlah untuk berolahraga mesikpun hanya sebentar karena itu sangat baik untuk kesehatan
46.  Olahraga fisik progresif secara teratur dapat membawa keseimbangan otomatis.
            Menyehatkan syaraf vagus dan memperkuat salah satu syaraf yang mengendalikan sensasi dan gerak. Ini menjelaskan penyebab terjadinya gelombang denyut nadi yang lebih kuat, metabolisme lebih tinggi dan sirkulasi lebih baik

  47. Olahraga dapat mencegah atau mengurangi gravitasi ptosis atau melorot.
       
          Ptosis adalah akibat dari aliran darah tidak merata di telapak kaki, kaki dan perut bagian bawah.

  48. Peningkatan kapiler dalam kerja otot dan jaringan otak hasi dari olahraga dibawa ke titik ketahanan.

            Hal ini memungkinkan darah yang lebih besar dan membuat otot, termasuk jantung jadi lebih tahan terhadap kelelahan. Pijat, olahraga panas dan ringan relatif tidak efektif dalam menghasilkan aktifitas kapiler tambahan dibandingkan dengan olahraga.

   49. Penggunaan penuh paru-paru dalam olahraga berat dapat mengurangi atau mencegah sumbatan paru-paru akibat akumulasi cairan limfa.


   50. Gas dan akumulasi di dalam usus dapat dikurangi denagn olehraga yang berfungsi untuk memijat dan meremas atau menggetarkan
massa intraintestinal.

  51. cadangan pernapasan yang lebih baik dikembangkan oleh olahraga yang terus menerus.

            Hal ini memastikan kemampuan menahan napas yang lebih baik, terutama setelah olahraga standar. Dengan cadangan pernapasan yang beih besar, olahraga menjadi lebih mudah.

   52. Peningkatan dalam kesehatan dan fungsi pembuluh darah dapat tercapai dengan berulangkali memeras dan mengeringkan darah keluar dari pembuluh dan kemudian memungkinkan pembuluh untuk mengisi.

  53. Berkeringat sewaktu sedang berolahraga membantu ginjal untuk mengilangkan masalah limbah dari tubuh.

   54. Olahraga yang dilakukan secara konsisten mengarah kepada peningkatan kualitas darah.

            Penelitian telah menunjukan pengikatan kadar hemoglobin, kadar alkali yang relatif lebih besar. Meningkatkan kandungan protein dan sel darah merah.

  55. Olahraga sistemik meningkatkan kekuatan fisik dan mental dan meperkuat  seluruh sistem kekebalan tubuh.



manfaat kesehatan olahraga bagi perempuan
Meningkatkan Mood
            Olahraga dapat menstimulasi unsur kimia dalam otak, sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan relaks.

Melawan Penyakit Kronis

            Olahraga teratur dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Kolesterol jahat dalam tubuh juga menurun.

Menjaga Berat Badan
            Ketika berolahraga, Anda pasti membakar kalori.

Meningkatkan Energi
            Olahraga mengirim oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Tidur Lebih Nyenyak
            Meski terasa melelahkan, olahraga membuat tidur Anda jadi lebih berkualitas.

‘Menghangatkan’ Tempat Tidur
            Saat olahraga, darah di tubuh mengalir lancar, sehingga mengatasi masalah frigiditas dan disfungsi ereksi.

Manfaat olahraga bagi Jantung dan pembuluh darah

Keuntungan tersebut terutama pada jantung dan paru-paru. :
  1. Otot jantung diperkuat, dan isi sekuncup bertambah. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, dan pembuluh darah. Jantung kita dapat memompakan jumlah darah yang lebih banyak dan berdenyut lebih lambat. Membuat jantung lebih berdayaguna, jumlah darah yang dipompakan lebih banyak.
  2. Menormalisasi tekanan darah. Bila tekanan darah tinggi, olahraga akan menurunkannya. Namun bila tekanan darah rendah, olahraga justru akan menaikkannya menjadi normal.
  3. Memperbesar kapasitas darah dalam membawa oksigen sehingga lebih banyak darah yang dapat mencapai seluruh bagian tubuh manusia.
  4. Menurunkan denyut nadi dalam keadaan istirahat. Hal ini sangatlah penting sebab dengan berkurangnya denyut nadi, jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.
  5. Memperlancar peredaran darah. Aliran darah adalah sungai kehidupan Anda, sebab darah membawa oksigen, zat makanan dan za-zat penting lainnya ke seluruh tubuh manusia. Darah juga yang membawa produk sisa metabolisme ke ginjal, paru-paru, dan kulit untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.
  6. Meningkatkan pembuluh darah kolateral.
  7. Mengurangi aterosklerosis.

Manfaat olahraga bagi Paru-paru

  1. Paru-paru kita akan bertambah kapasitas pernapasannya, masuk dan keluar.
  2. Merangsang pernafasan yang dalam, yang menyebabkan paru-paru berkembang melalui refleks dan reaksi kimia. Hal ini menyebabkan paru-paru lebih berdayaguna, sebab lebih banyak oksigen akan disalurkan ke dalam darah dan lebih banyak karbondioksida yang dapat dibuang dari dalam tubuh.

Manfaat olahraga bagi Metabolisme

1.      Penumpukan asam laktat berkurang.
2.      Meningkatkan HDL Kolesterol.
3.      Menambah tenaga listrik pada otak dan sel saraf. Hal ini akan memberikan keseimbangan yang lebih baik antara susunan saraf sadar dan tak sadar.
4.      Menolong pencernaan dan mendorong kegiatan usus, mengurangi gas dan sembelit.
5.       Memberikan keseimbangan fisiologis kepada sistem endokrin Anda, sehingga kelenjar pituitari, pankreas, adrenalin dan seks akan menjadi lebih berdayaguna.

Manfaat Olahraga bagi Kecantikan kulit

1. Membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh
Asap rokok,
 polusi udara atau bahan kimia pada produk kecantikan berdampak buruk pada kulit kita. Radikal bebas akibat hal tersebut merusak kulit sehingga dapat menyebabkan keriput atau flek. Dengan berolahraga, racun yang ada dalam tubuh kita dapat dikeluarkan. Sirkulasi darah yang baik menyebabkan distribusi nutrisi untuk kulit diserap maksimal dan membantu mengeluarkan racun yang ada di kulit.

2. Merangsang produksi kolagen
            Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun dan berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulit akan bersinar dan lentur.

3. Mencegah timbulnya jerawat
            Hal ini karena olahraga membantu mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang memicu timbulnya jerawat. Penyebab lain jerawat adalah karena stres. Saat stres akan diproduksi hormon yang juga memicu jerawat. Tetapi, hasil penelitian membuktikan bahwa kebanyakan stres akan berkurang bila Anda berolahraga teratur sehingga jerawat tidak akan muncul.

4. Mengurangi selulit
            Selulit terjadi akibat jalinan fibroblast tertarik dan membentuk kantung lemak. Selulit umumnya ada di bokong, paha belakang atau lengan dan membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Kehadiran selulit akan mengganggu penampilan Anda. Saat berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit yang ada dapat dihilangkan.

Manfaat Olahraga Bagi Anak

1.      Untuk Kesehatan dan Kebugaran
           
Para peneliti di Centers for Disease Control mengkonfirmasi kemungkinan obesitas di kalangan anak-anak Amerika, yang bisa memicu penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk memerangi obesitas pada anak-anak dan juga menjaga kesehatan serta kebugaran mereka.

2. Meningkatkan Kemampuan Akademis
           
Menurut para peneliti di Michigan State University Institute, anak yang berolahraga tampil lebih baik di sekolah daripada mereka yang tidak. Partisipasi dalam olahraga mengajarkan anak-anak untuk fokus pada tugas dan mengelola waktu mereka secara efektif.

3. Mendorong Sportivitas
Anak-anak yang berpartisipasi dalam olahraga bisa mengasah keterampilan sportivitas mereka dengan baik. Berjabat tangan dengan kompetisi, tidak peduli apa hasil dari suatu pertandingan, mampu menerima kekalahan dan berusaha melakukan yang terbaik bagi dirinya dan tim secara keseluruhan.

4. Mudah Bersosialisasi
Olahraga bisa jadi cara untuk membangun jaringan sosial instan untuk anak. Kerjasama sebagai satu tim atau bertemu rival lainnya akan membuat jaringan pertemanannya semakin meluas.

5. Membangun Harga Diri
Anak-anak akan mengembangkan harga diri melalui prestasi. Olahraga memberi kesempatan anak untuk belajar, mencapai sesuatu, dan merasa nyaman terhadap diri mereka sendiri. Dukungan dari orangtua dan pelatih akan mendorong perbaikan kinerja mereka ke arah yang positif sehingga menumbuhkan pencitraan diri yang baik.

6. Mengajarkan Kerjasama
Anak-anak akan mengenal segala macam pelajaran sosial yang sangat berharga melalui olahraga. Menjadi bagian dari kelompok dan belajar untuk melakukan yang terbaik bagi tim secara keseluruhan adalah salah satu manfaat yang paling berharga dari olahraga bagi anak.

7. Bekerja Berdasarkan Tujuan
Membawa pulang piala juara, memenangkan turnamen, adalah tujuan akhir olahraga bagi anak. Olahraga memberi pengalaman berharga dalam memecahkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Anak diajarkan untuk menjalani suatu proses dan perlu kerja keras sebelum mendapatkan sesuatu.

8. Pembinaan Ketekunan
Olahraga mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah walau menghadapi cidera, kekecewaan, dan kekalahan. Mereka belajar untuk mengatasi kekalahan dengan tenang dan bekerja lebih giat lagi untuk kepentingan putaran berikutnya dengan penuh ketekunan.

9. Mencegah Masalah
Kenakalan remaja seperti kekerasan, pengrusakan, penggunaan narkoba dan lainnya bisa diminimalisir dengan olaharaga. Rutinnya jadwal latihan membuat anak tidak sempat membuat masalah-masalah kriminalitas semacam itu, dan mereka akan lebih fokus terhadap pencapaian prestasi mereka.

10. Menyenangkan
Selain untuk kesehatan, berolahraga juga menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Kerjasama tim, bersorak mendukung teman, berpelukan ketika berhasil melakukan sesuatu, dan lainnya akan membuat anak berkomitmen pada olahraga dalam jangka panjang. Diluar jam pelajaran yang membosankan, olahraga adalah waktu anak untuk bermain dan bersenang-senang dengan teman-temannya.

11. Meningkatkan kesehatan tubuh
Percaya atau tidak? Olah raga lari bisa meningkatkan  kesehatan tubuh secara menyeluruh.  Riset membuktikan bahwa selain meningkatkan kolesterol baik, lari juga meningkatkna fungsi paru-paru. Lari juga meningkatn sistem kekebalana tubuh dan membantu mencegah penyakit kekentalan darah.

12. Mencegah penyakit
Untuk wanita , lari juga memperkecil resiko terkena kanker payudara dan stroke. Lari sangat dianjurkan bagi orang2 yang terkena gejala awal diabetes, tekanan darah tinggi dan osteoporosis. Lari juga terbukti memperkecil resiko terkena serangan jantung.

13.Menambah percaya diri
Tak hanya dari sisi fisik, lari juga akan menambah rasa percaya diri anda. Dengan menentukan goal, akan membantu anda untuk meningkat rasa percaya diri sehingga anda menjadi lebih bahagia.
14.Menghilangkan Depresi
Ketika anda sedang depresi, hal terakhir yang anda ingin lakukan adalah bangun dan berlari. Paksa diri anda untuk bangkit dan melakukan olah raga lari. Percayalah, setelah beberapa menit, otak anda akan segera memproduksi hormon yang mberfungsi untuk meningkatkan mood anda.

Manfaat untuk kesehatan : Aktifitas fisik yang dilakukan dengan baik dan juga benar serta juga teratur akan mambantu serta memacu tumbuh kembang anak. Termasuk juga di dalamnya adalah manfaat olahraga ini bagi anak-anak. Olahraga anak tentunya berbeda dengan orang dewasa pada umumnya baik itu dalam hal kualitas atau pun kuantitasnya. Karena dari tujuan olahraga juga bisa dibedakan. Tujuan olahraga anak kebanyakan hanya bersifat melatih serta mengenalkan olahraga itu sendiri selain juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bagi sang anak itu sendiri.

Bagi setiap manusia yang namanya olahraga tentunya akan bermanfaat bagi bagi kesehatan. Karena olahraga akan memberikan kebugaran bagi yang melakukannya. Kali ini Sehat Kita Semua akan mencoba share sedikit mengenai manfaat olahraga yang pernah juga diposting oleh sobat blogger yang satu ini.
Setelah kemarin kita belajar bersama mengenai manfaat berenang bagi kesehatan maka kesempatan kali ini kita akan mengupas sedikit menngenai artikel manfaat olahraga khususnya juga manfaat olahraga bagi kesehatan anak dan bisa dikatakan bahwa bagi setiap orang termasuk di dalamnya adalah olahraga bagi anak yang tepat merupakan kunci bagi kondisi fit dan bugar, termasuk bagi anak-anak. Tentunya latihan jasmani ini perlu dibarengi dengan kebiasaan pola hidup sehat lainnya, seperti diet dengan gizi seimbang dan juga lingkungan yang mendukung.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat hikmah olahraga terutama manfaat olahraga bagi anak yaitu :
  1. Kesehatan. Mengurangi resiko berbagai penyakit, khususnya yang berkaitan dengan obesitas. Berbagai penelitian menunjukkan, obesitas pada anak-anak meningkatkan resiko terjadinya penyakit degeneratif, seperti jantung, stroke dan diabetes pada usia yang lebih muda. Belum termasuk lebih mudah terkena infeksi dan risiko kanker.
  2. Kebugaran. Olahraga bagi kesehatan akan bermanfaat meningkatkan kebugaran dan tentunya yang dilakukan sesuai takaran akan membuat anak bugar sehingga ia bisa lebih aktif dan produktif.
  3. Pertumbuhan. Kombinasi olahraga dan diet yang tepat sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak, akan merangsang tubuh untuk mengaktifkan hormon-hormon pertumbuhan, sehingga anak bisa mencapai potensi maksimal yang dimilikinya.
  4. Perkembangan. Olahraga membantu meningkatan perkembangan fungsional semua panca indra. Karena saat berolahraga anak-anak dilatih untuk bisa memahami perintah, aturan main, kerja sama, mencari solusi, dan mencapai tujuan.

  1. Kecerdasan. Olahraga dapat membuat koordinasi kerja otak yang semakin bagus, sehingga anak mudah menyerap informasi atau pengetahuan yang diberikan.Dampak lainnya anak mempunyai rasa percaya diri yang baik dan melatih pula keterampilan sosialnya menjadi lebih baik.
  2. Sosial. Manfaat olahraga untuk kesehatan dalam hal ini kesehatan anak juga akan membuat dan melatih anak-anak mempunyai watak sosial, terlepas dari karakter olahraga yang individu atau olahraga berkelompok. Dengan memiliki teman dalam satu kelompoknya, anak-anak bisa memahami adanya perbedaan, persaingan, persahabatan, kemenangan, dan kekalahan, serta bisa menyikapi secara dewasa semua hal yang terjadi pada dirinya.
Manfaat olahraga renang bagi kesehatan.

1.      membantu mempertahankan tekanan jantung

2.      menurunkan resiko struke

3.      menguatkan fleksibilitas dan level olahraga fisik

4.      untuk menurunkan berat badan

5.      untuk meringankan sakit pada punggung akibat hamil

6.      meminimalisir cidera pada fisik

7.      membantu membangun kekuatan otot

8.      membantu penyembuhan tekanan darah tinggi

9.      membantu membangun kardio vascular manusia

10.  membantu proses pemulihan pasca oprasi

11.  dapat menenangkan pikiran dan tubuh kita

  Manfaat Olahraga Lari

1. Mempertajam pandangan mata.
2. Menjaga jantung dengan baik, jarang terkena gangguan tekanan darah, juga 
     tidak akan menumpuk kolesterol dalam darah hingga 34%.
3. Jernih berpikir, meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada
     kehidupan yang aktif.
4. Menguatkan tulang.
5. Jarang sakit dan terkena flu.
6. Bernapas lebih lega dan bisa mengurangi serangan asma bagi penderita asma.
7. Panjang umur dan awet muda. Olahraga dipercaya bisa menekan resiko
    meninggal dunia dalam usia muda hingga 50%.
8. Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
9. Membuat tisur lebih nyenyak.
10.Mempercepat system pencernaan dan membantu Anda untuk menyingkirkan
     masalah pencernaan.

 Dan begitu banyak manfaat olahraga bagi kesehatan yang dapat kita peroleh bila kita dapat merutinkan aktifitas olaharaga dalam kehidupan kita sehari-hari. Dan hidup sehat akan bisa kita peroleh dan kita nikmati pula dengan menjalankan olahraga secara rutin ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar